Desain Rumah Mewah, Open Space Ibu Maxi di Jakarta

 

Rumahku istanaku. Ungkapan ini bisa menggambarkan. Betapa manusia memerlukan rumah yang nyaman. Rumah adalah tempat kita pulang dari rutinitas kerja. Rumah merupakan tempat kita berkumpul bersama keluarga tercinta. Sehingga desain rumah yang sesuai dengan diri anda. Harus anda dapatkan. Wujudkan rumah impian anda bersama kami, Wahana Utama Architect.

Kali ini kami akan mereview desain rumah ibu Maxi, yang akan dibangun di daerah Grogol Jakarta. Yang berada dilahan 8 x 19 terdiri dari 3 lantai.

Dalam perencanaan sebuah rumah tinggal, bukan hanya tentang seberapa bagus dan seberapa kuat bangunan tersebut didirikan. Namun juga harus diperhatikan perencanaanya, berdasarkan pembagian ruangan, sesuai dengan kebutuhan dan kegunaan. Rumah ini kami bagi menjadi 3 zoning, yang pertama lantai 1 yang merupakan area service, terdiri dari gudang, kamar mandi, kamar pembantu, dapur kotor, area cuci jemur setrika, ruang sepatu, dan kantor. Lantai 2 yang merupakan zona kumpul keluarga dan kerabat, terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur bersih, area santai outdoor, toilet dan taman indoor. Sedangkan untuk lantai 3 untuk zona private yang terdiri dari 3 kamar tidur yaitu kamar utama dengan walk in closet dan kamar mandi dalam. 2 kamar anak dengan kamar mandi sharing.

Rumah ini memiliki style eropa klasik, walaupun berada di lahan 8×19. Rumah ini tetap terlihat megah dan mewah. Hal ini didukung oleh penggunaan jenis pilar  yaitu pilar chorintian, dengan hiasan berbentuk daun dan bunga yang indah yang terdapat pada bagian capital atau kepala pilar, memiliki bentuk lebih rumit, memiliki basis lebih tinggi dari 2 pilar sebelumnya yaitu pilar doric dan ionic. Selain untuk struktur penopang mahkota, pilar ini juga sebagai point of interest dan sebagai penanda pintu masuk rumah.

Memasuki ruang tamu, kesan hangat, nyaman dan mewah akan terasa. Perbedaan level lantai pada area tamu dan area keluarga atau yang biasa disebut split level, memberikan kesan yang mendalam bagi setiap tamu yang datang. Sehingga suasana mewah, nyaman dan hangat akan terasa begitu memasuki area ini. Untuk membuat tamu merasa nyaman dilahan terbatas ukuran ruang tamu tidak harus luas, kami maksimalkan potensi yang ada dengan menambahkan jendela diantara area tamu dan area santai outdoor. Area ini juga kami tambahkan tirai jika suatu saat dibutuhkan privasi. Di ruang tamu ini kami menggunakan weinscoating untuk aksen hiasan pada dinding ruangan sehingga memberikan kesan klasik mewah dan elegant. Karena perbedaan level lantai antara ruang tamu dan ruang makan, area bawah kami tambahkan garis-garis rapi yang membuat perbedaan kecil namun berdampak besar pada penampilannya.

 

Begitu memasuki area ruang makan, siapapun yang datang dalam sekejap akan tertuju pada taman indoor dengan pohon sintetis yang membuat rumah terasa lebih segar. Tidak membutuhkan halaman yang luas, perawatan dan waktu yang banyak, dan tampa khawatir akar merusak struktur rumah. Pohon sintetis bisa anda jadikan pilihan untuk menghiasi taman indoor anda. Diarea ini kami menggunakan sliding door  untuk menghemat space karena pintu jenis ini dapat membuka dan menutup tanpa menghalangi apapun disekitarnya. Perlu anda ketahui. Pemilihan jenis pintu sangatlah penting, kadang-kadang pintu bisa mengambil banyak ruang yang sebenarnya bisa digunakan untuk hal lain seperti kebutuhan dekorasi rumah atau bahkan untuk sirkulasi penghuni.

 

Pemilihan konsep open space pada rumah ini membuat ruangan terasa lebih luas. Disini bisa dilihat menjadi satunya ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga dan dapur. Konsep open space, cocok diaplikasikan pada hunian yang umumnya berada di kota2 besar karena keterbatasan lahan dan keterbatasan ruang. Konsep tanpa sekat pada hunian secara psikologis juga membangun karakter keluarga memiliki sifat saling terbuka, sehingga hubungan antar keluarga lebih erat dan harmonis. dengan konsep open space anda bisa memasak sembari menonton televisi di ruang keluarga atau mengobrol dengan anggota keluarga lainnya. anda juga mengawasi anak anda yang sedang bermain di area lain dengan mudah. Yang hal ini tidak bisa di dapat pada desain interior bersekat.

Rumah ini memiliki 2 dapur, dapur kering dan basah. Dapur kering biasanya dipakai untuk menghangatkan makanan, membuat minuman, atau menyiapkan makanan yang sudah matang. Sesuai ciri khas karya kami, desain dapur kering, selalu kami tambahkan meja island, Dapur island sendiri merupakan salah satu komponen dapur berupa sebuah meja besar multifungsi yang biasanya terletak di bagian tengah ruangan. Kerap kali dilengkapi beberapa kursi bar di sekitarnya. Meskipun sekilas terlihat seperti meja makan, tetapi fungsinya tidak diperuntukkan secara khusus sebagai meja makan, melainkan sebagai meja untuk mempermudah proses memasak sehingga membuat kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan. Selain  area bersantai di dapur,  kitchen island juga bisa digunakan sebagai pemisah antara dapur dan bagian rumah lain.

Sedangkan untuk dapur basah rumah ini berada di lantai 1 dengan dihubungkan oleh tangga service yang bearada Disamping area dapur kering.