Pentingnya Pengawasan Dalam Pembangunan

Kali ini Jasa Arsitek akan mengulas pentingnya pengawasan dalam pembangunan. Yuk, kita simak sama-sama.

Pengawasan dalam pembangunan merupakan sebuah kewajiban guna melihat dan mengendalikan pelaksanaan pekerjaan supaya sesuai dengan desain dan gambar kerja secara keseluruhan. Banyak masalah yang bisa saja terjadi dilapangan ketika pelaksanaan pembangunan. Dengan adanya pengawasan dalam pembangunan yang rutin, menyeluruh, dan rinci, maka akan memperkecil hasil pembangunan yang bisa belok dari gambaran kerja, waktu, buruhknya bahan material atau komponen bangunan, dan masalah keselamatan bagi  pekerja. Pengawasan yang baik akan membuat suatu pembangunan menjadi lancar dan akan terkendali dengan hasil yang memuaskan.

Pentingnya Pengawasan Dalam Pembangunan

Pekerjaan pengawasan sudah diatur dalam UUD No.18 Tahun 1996 mengenai jasa konstruksi dan peraturan dalam pelaksanaannya yang didalam pasal tersebut bahwa penyelenggara pekerja konstruksi wajib untuk mewujudkan hasil pekerjaan konstruksi yang handal serta bermanfaat dengan memenuhi ketentuan tertib penyelenggaraan pekerjaan konstruksi, meliputi :

  • Keteknikan, keselamatan umum, meliputi persyaratan, proses pembangunan, mutu hasil pekerjaan, mutu bahan material atau komponen bangunan, dan mutu peralatan sesuai dengan standar atau norma yang berlaku.
  • Keselamatan, keamanan, dan kesehatan tempat kerja konstruksi sesuai dengan peraturan UUD yang berlaku.
  • Perlindungan sosail tenaga kerja dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi sesuai dengan peraturan UUD yang berlaku.
  • Tata lingkungan setempat dan pengelolaan lingkungan hidung sesuai dengan peraturan UUD yang berlaku.
  • Manfaat bagi masyarakat sesuai dengan kelayakan perencanaan.

Tujuan Dari Pengawasan

Tujuan dari pengawasan yaitu untuk menjaga tercapainya tertib dalam penyelenggaraan dan hasil dari pekerjaan konstruksi baik itu fisif maupun non fisik, dan meliputi dengan aspek perencanaan konstruksi, manajemen pelaksanaan, pengadaan, dan pengendalian kontrak.

Dengan Pengawasan dalam pembangunan ini akan memastikan suatu proses perencanaan pekerjaan konstruksi telah dilakukan dengan lengkap, taat, dan juga tepat, dengan pengawasan ini maka menghasilkan produk pekerjaan pembangunan dengan sesuai gambaran kerja, berkualitas, hemat, dan bermanfaat sesuai dengan peruntukannya.

Demikian informasi ini saya berikan, untuk memberikan saran kamu bisa coment di bawah ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf.